Cara Cepat Memahami Materi Kuliah Tanpa Harus Mengingat

Cara Cepat Memahami Materi Kuliah Tanpa Harus Mengingat

bpdassolo.net – Saat hadapi evaluasi di kampus, kadangkala kita merasa sulit akan materi yang dikatakan oleh dosen ke kita sebagai mahasiswa. Hal ini adalah wajar saja, karakter manusiawi, karena manusia memiliki pengetahuan dan ingatan yang tidak sama. Ada penelitian yang menjelaskan jika manusia condong lupakan 40% informasi yang didengarkannya dalam periode waktu 24 jam.

Itu maknanya, dalam satu hari manusia tidak bisa ingat informasi secara utuh, tentu beberapa ada yang dilupa, atau terlewatkan. Dalam hal ini, mimin akan memberi cara-cara buat kamu yang kesusahan saat memahami kuliah materi. Karena, saya juga pernah merasakannya. Dan saya lakukan cara berikut ini untuk membuat diri saya berkembang dan inilah cara cepat memahami materi kuliah tanpa harus terlalu mengingat.

1. Pilih Tempat Duduk di Depan

Mungkin beberapa dari kalian saat pilih tempat duduk, lebih sukai pilih tempat ada di belakang, atau lokasi yang kiranya tidak kelihatan oleh dosen. Walau sebenarnya, dengan pilih duduk pada tempat semacam itu, sulit untuk mendapatkan pengetahuan yang cekat.

  • Mengapa ? Apa alasannya?

Karena, dengan duduk semacam itu kita menjadi tidak konsentrasi ke pelajaran. Pikirkan bila kamu berbicara dengan seorang, tetapi matamu tidak melihat matanya atau gerak badannya. Apa kamu akan konsentrasi dengan yang sedang dibahas? Pasti tidak. Oleh karena itu, saat sebelum pelajaran diawali, sebaiknya kamu duduk di muka. Apalagi, kamu tidak lagi anak sekolah yang belajarnya masih bermain-main.

Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

2. Konsentrasi Ke Pengajar atau Dosen

Kemudian, saat pelajaran sudah diawali, kamu harus konsentrasi lebih dulu ke pengajar. Baik itu dosen di ruangan kelas, atau di laboratorium.

  • Bagaimana triknya agar bisa konsentrasi?

Lihat mata dosen, perhatikan setiap gerakannya, lihat apa yang beliau sampaikan. Dan jangan bermain smartphone. Bersiap-siaplah saat terima pelajaran. Dengan demikian, kamu akan konsentrasi saat terima materi yang akan beliau berikan.

3. Jangan Menulis Dahulu!

Saat kamu dengarkan dosen yang menerangkan materi di muka, lebih bagus jangan menulis dahulu. Karena itu akan mengusik fokus dalam evaluasi. Nah, kan. Banyak dari kita yang menulis saat dosen sedang menerangkan materi. Dan kadangkala dosen tidak memberikan kita waktu untuk menulisnya.

Lantas, bagaimana menangani permasalahan semacam ini?

  • Rekam perbincangan dosen memakai program.

Jika kamu duduk di muka, tentu bisa mendapatkan suara yang cocok dan bisa didengarkan. Atau bila kamu malas merekam, kamu bisa menangani permasalahan itu dengan lain. Misalnya:

  • Memfoto slide ppt yang dihidangkan di muka.

Ini ialah cara ke-2 yang bisa kamu gunakan agar kamu tidak menulis materi di muka, yang bisa mengubah fokus. Mungkin, jika memfoto slide di muka bisa mengubah fokus kamu. Karena itu lebih bagus direkam saja. Nanti kamu tulis sesudah dosen usai menerangkan. Dapatkan lebih banyak informasi menarik seputar tips belajar dan dunia pendidikan hanya di situs https://www.bpdassolo.net/.

4. Buka Ruang Diskusi

Sesudah evaluasi ingin ditutup, tentu dosen umumnya menanyakan: “sampai di sini terang?” Jika kamu punyai pertanyaan, cepatlah menanyakan. Gelar diskusi cara kamu menanyakan. Jika masih tidak cukup terang, bertanya kembali. Sampai dosen bosen cuma kamu terus yang menanyakan. Dengan demikian, dosen akan menganggap kamu aktif. Dan tentunya, kamu dipandang sudah dengarkan apa yang ia terangkan.

Maka dosen tidak merasa percuma jika ia menerangkan panjang-lebar dan kemudian ada yang menanyakan. Ada pula cara lain untuk berunding, yakni saat lagi ada di luar kelas. Kantin, contohnya. Banyak mahasiswa lakukan hal ini, khususnya saat mengulas desas-desus terkini. Mereka condong aktif mengulasnya. Nah, ini bisa dipakai sebagai media belajar.

5. Menulis Materi

Sesudah pahami pelajaran, baru kamu menulis apa tadi kamu pelajari. Membuka rekaman audio atau photo slide ppt tadi kamu foto, selanjutnya tulis.

  • Bagaimana menulis yang bagus?

Tulislah seperlunya, jangan tulis semua, gunakan bahasa sendiri. Agar kamu lebih gampang ingat dan pahami. Kamu bisa menulis dengan tulisan, atau Menggambarkannya dalam mind maping. Selain itu, kamu bikin sebisa dan senyaman mungkin, agar nantinya kamu membacanya , kamu masih memahami.

6. Simpulkan

Bila nanti kamu telah usai menulis materi, beri ringkasan. Ringkasan dibikin diakhir untuk menghambat berlangsungnya salah paham.

  • Bagaimanakah cara menyimpulkannya?

Tulislah rangka materi saja, bila kamu sudah mengetahui kerangkanya, kamu akan ingat apa yang pokok dalam materi itu.

Demikian ulasan seputar cara memahami materi kuliah dengan gampang tanpa harus mengingat, mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk membantu kamu mengejar IPK tertinggimu. Janganlah lupa sharing agar teman-temanmu termotivasi juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>