6 Sekolah Khusus Olahraga di Indonesia

6 Sekolah Khusus Olahraga di Indonesia

bpdassolo.net – Sebagian orang yang menyukai dengan kegiatan fisik tentu suka dengan kegiatan olahraga. Di Indonesia ada banyak sekolah khusus olahraga yang bisa menjadi opsi para calon olahragawan. Selain latihan, memusatkan pendidikan di sekolah yang memberikan dukungan kegiatan olahraga bisa menjadi salah satu langkah untuk meraih harapan sebagai olahragawan. Sekolah khusus olahraga sudah melahirkan beberapa atlet professional di beberapa cabang olahraga.

Para olahragawan ini sudah memahat banyak prestasi yang mengharumkan nama Indonesia. Sekolah khusus olahraga bisa menjadi opsi pendidikan untuk tingkatan SMP dan SMA.

Dikutip dari sumber terpercaya, sekolah khusus olahraga ini menyebar di beberapa wilayah di Indonesia dimulai dari di Aceh, Riau, Jakarta sampai Jawa Timur. Saat sebelum pilih sekolah khusus olahraga, lihat jejeran prestasi dan kurikulum yang diaplikasikan.

Sekolah Olahraga di Indonesia

1. Sekolah Khusus Olahraga Ragunan

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan adalah sekolah untuk para calon olahragawan umur SMP dan SMA. Mencuplik dari website resmi skoragunan.sch.id, sekolah ini dibimbing secara langsung oleh Pendamping Deputi Pengelolaan Pembimbingan Sentral dan Sekolah Khusus Atlet, Deputi Pembudayaan Olahraga, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sekolah ini ada di Jl. Kebagusan Raya Komp. Gor Ragunan, RT009/007, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ada lima cabang olahraga yang disiapkan di SKO Ragunan. Kelimanya ialah bola basket, bulu tangkis, bola voli, sepakbola, dan pencak silat.

  • Kurikulum

SKO Ragunan mengaplikasikan mekanisme credit semester (SKS) dengan beban belajar minimum 260 jam pelajaran dalam kurikulum SKO. Ini direncanakan agar pelajar sanggup meningkatkan prestasi sesuai kekuatan, keperluan, dan kecepatan belajarnya.

Baca Juga : Memahami 4 Manfaat Ilmu Pengetahuan Bagi Manusia

2. SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya

SMP-SMA Olahraga Negeri Sriwijaya ingin menjadi lembaga pendidikan yang sanggup hasilkan atlet yang unggul dan berprestasi dalam olahraga. Tidak itu saja, mereka ingin anak didiknya masih tetap berkualitas dalam segi akademik.

  • Prestasi

Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya sudah mencatatkan beragam jenis prestasi setiap tahunnya. Untuk tahun 2021 sendiri, ada beberapa prestasi yang mereka raih.

Merilis situs sonssumsel.sch.id, pada PON XX Papua 2021, sekolah ini sukses mendapatkan perunggu dalam cabang olahraga dayung. Pada gelaran Liga TOP Score Nasional, Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya menyikat runner up dan pemain terbaik dalam cabang olahraga sepakbola.

Tidak itu saja, ada juga cabang olahraga otak seperti catur. Sekolah ini sukses menyikat emas dan perak dalam gelaran Porprov Sumsel XIII 2021

3. SMA Negeri Olahraga Riau

SMAN Olahraga Riau ingin hasilkan sumber daya manusia yang memiliki iman, bertaqwa, berkualitas, pintar, dan trampil. Tidak itu saja, mereka ingin peserta didiknya berprestasi dalam tingkat nasional atau internasional.

  • Kurikulum

SMAN Olahraga Riau memakai kurikulum 13 atau K-13. Tiap minggunya ada 40 jam pelajaran yang perlu dilakukan dan tentu saja latihan cabang olahraga tiap hari.

Tiap tahunnya, SMAN Olahraga Riau akan terima 130 pelajar yang sudah disaring untuk 12 cabang olahraga. Di sini, para pelajar akan dilatih dan dipantau oleh guru, pelatih, TU, pengasuh, dan tenaga medis seperti dokter, perawat, dan fisioterapi.

  • Prestasi

Ada beberapa prestasi yang didapat oleh SMAN Olahraga Riau. Pada tahun 2022 ini, SMAN Olahraga Riau menjadi juara 1 kejuaraan renang antara sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia, Bunda. Sekolah ini sukses menyikat 3 medali emas dalam cabang olahraga anggar, PON 2021.

Mau tahu lebih banyak informasi menarik seputar pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri? kunjungi terus situs https://www.bpdassolo.net/ kesayangan kita.

4. SMAN Olahraga Jawa Timur

SMAN Olahraga Jawa Timur mengharap bisa tingkatkan kualitas binaan kepelatihan dan akademik dengan terintegrasi pada pelajar-siswinya. Mereka ingin melahirkan olahragawan Jawa Timur yang berwatak dan berprestasi.

  • Prestasi

Pada Agustus 2022 tempo hari, SMAN Olahraga Jawa Timur sukses memboyong 7 medali di kejuaraan KONI Pusat Cup Seri III Tingkat Nasional. Mereka juga bawa 3 emas, 2 perak, dan dua perunggu.

5. SMA Keberbakatan Olahraga Negeri Aceh

SMA Keberbakatan Olahraga Negeri (SMAKON) Aceh adalah sekolah untuk membangun talenta olahragawan muda asal Aceh agar bisa berlaga dan berprestasi di bagian cabang olahraga. SMAKON Aceh dibuat di lokasi komplek Stadion Keinginan Bangsa sebagai lokasi vital bersebelahan dengan Stadion Internasional Keinginan Bangsa.

  • Persyaratan mendaftarkan

Penyeleksian olahragawan SMAKON Aceh dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh bersama Dinas Pendidikan Aceh, sesuai ketetapan dan ketentuan yang sudah diputuskan. Tidak itu saja, SMAKON Aceh mewajibkan calon peserta didiknya ialah seorang WNI dan diprioritaskan memiliki prestasi pada tingkat Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>