5 Kekurangan Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)

5 Kekurangan Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)

bpdassolo.net – Siapa yang sebelumnya tidak pernah terjerat dalam kebiasaan menunda-nunda untuk belajar, yang kemudian mau tidak mau akan menghabiskan waktu semalam sebelum hari deadline tiba, nah inilah yang disebut dengan belajar sistem kebut semalam. Sistem kebut semalam mungkin terlihat menarik karena kita bisa mengingat apa yang sudah dipelajari pada malam harinya, tapi kamu juga harus tau beberapa kekurangan yang penting yang ada didalamnya untuk dimengerti.

Dalam artikel berikut ini, kita akan membahas tentang lima kekurangan belajar sistem kebut semalam, yang bisa membuat kamu berpikiran 2x sebelum memilih untuk menerapkannya kembali. Pengetahuan ini bisa mengganti caramu melihat dalam suatu proses belajar. Yuk baca!

1. Adanya Depresi dan Kecemasan

Saat kamu menunda belajar sampai malam sebelum waktu ujian, tidak ada yang bisa menghindar dari gelombang depresi dan kecemasan yang akan menghampiri. Belajar dengan sistem kebut semalam bisa tingkatkan persentase adanya depresi, yang mana pada ujungnya akan bisa mempengaruhi performa belajar dan kestabilan emosionalmu.

Menunda belajar sampai malam paling akhir munculkan penekanan tambahan untuk menyerap materi yang luas pada waktu yang terbatas. Ini bisa membuat kamu merasa kuatir dan tidak optimis saat hadapi ujian . Maka, pikirkanlah dengan arif saat sebelum memutuskan untuk biarkan kecemasan menguasaimu.

Baca Juga : 6 Keunggulan SMK Yang Tidak Dimiliki SMA

2. Minimnya Pengetahuan Yang Sudah Dipelajari Tanpa Memahaminya

Salah satu kekurangan utama dari sistem kebut semalam ialah terbatasnya waktu untuk pahami materi secara dalam. Saat kamu tergesa-gesa untuk menuntaskan evaluasi pada sebuah malam, konsentrasinya condong pada perolehan tujuan singkat, tidak pada pengetahuan yang dalam.

Evaluasi yang mendalam memerlukan waktu yang cukup buat menghayati materi, membuat jaringan di antara beberapa konsep, dan menyangkutkannya dengan pengetahuan yang telah ada. Dengan belajar tadi malam, kamu kehilangan peluang untuk lakukan beberapa hal itu dengan efisien, yang bisa mempengaruhi pengetahuan periode panjangmu.

3. Minimnya Peluang Untuk Mengaplikasikan Pengetahuan

Mengaplikasikan pengetahuan dalam kerangka riil ialah kunci untuk pengetahuan yang kuat dan berkesinambungan. Namun, dengan sistem kebut semalam, kamu kehilangan peluang untuk lakukan hal ini dengan efisien. Dibanding memiliki waktu untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam beragam keadaan, kamu terbatas pada pelajari informasi secara pasif tidak ada peluang untuk mengetesnya.

Implementasi pengetahuan lewat latihan dan pengalaman secara langsung menolong perkuat jaringannya dalam pikiranmu. Dengan meremehkan peluang untuk mengaplikasikan pengetahuan secara aktif, kamu mungkin melewati kesempatan berharga untuk perdalam pengetahuanmu.

4. Resiko Akan Kehilangan Informasi Penting Nantinya

Belajar tadi malam condong memaksakanmu untuk pilih-pilih materi yang dipandang terpenting, karena waktu yang terbatas. Namun, hal ini bisa beresiko mengakibatkan kehilangan informasi penting yang mungkin diacuhkan atau terlewatkan.

Informasi yang didalami dalam periode waktu yang cepat condong memiliki tingkat penyimpanan lebih rendah dibanding evaluasi yang menyebar dalam waktu periode lebih panjang. Karena itu, ada dampak negatif jika beberapa informasi yang didalami tadi malam akan lenyap dari daya ingatmu pada waktu yang singkat sesudah ujian usai.

Dapatkan lebih banyak informasi menarik lainnya seputar pendidikan terupdate hanya disitus https://www.bpdassolo.net/.

5. Keterikatan Yang Berlangsung Terus Menerus

Salah satu bahaya paling besar dari sistem kebut semalam ialah kecondongan untuk mengulang skema sikap itu dengan berulang-ulang. Walaupun kamu mungkin merasa lega sesudah sukses melalui ujian dengan kontribusi belajar tadi malam, ini cuma akan memperkuat keterikatan pada sistem yang tidak efisien dalam periode panjang.

Kecondongan untuk mengulang sikap yang tidak efisien bisa ke arah pada skema keterikatan yang sulit untuk diputus. Karena itu, penting untuk mengetahui resiko periode panjang dari belajar tadi malam dan cari sistem evaluasi lebih efisien dan berkesinambungan.

Saat ini, dengan mengeruk 5 kekurangan utama dari sistem kebut semalam, kamu memiliki pengetahuan yang lebih bagus tentang kenapa ini bukan taktik belajar yang bagus. Dibanding terjerat pada transisi depresi dan kecemasan, pikirkanlah untuk adopsi pendekatan evaluasi lebih terkonsep dan berkesinambungan. Ingat-ingatlah jika evaluasi ialah perjalanan, dan tiap cara kecil ke arah pengetahuan yang dalam pantas untuk diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>